Batik

Buat yang bertanya-tanya apakah gambar diatas adalah kain batik, yap, benar. Itu adalah kain batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Eits, saya bukan lagi jualan kain batik, tapi saya mau sedikit cerita soal kain-kain batik diatas. Foto itu saya ambil tadi pagi. Kenapa saya punya banyak batik? Hehehe… Kalau yang ini sih karena kakak dan ibu saya suka mengumpulkan kain batik. Kadang, saat kami pergi ke Jogja, kami sengaja mampir ke Pasar Beringharjo untuk sekedar beli batik.

Ohya, saya baru tau nih, ternyata di  Indonesia ini, banyak daerah memiliki kain batik khas nya sendiri-sendiri. Selama ini, saya hanya tahu kalau kota Batik ya hanya di Pekalongan, dan batik itu sendiri lebih banyak berasal dari daerah-daerah di Pulau Jawa! Padahal, saya salah besar. Misalnya, di Irian pun juga ada batik ternyata. Nah, contoh batik Irian, bisa dilihat pada gambar, yang berwarna biru.

Batik sendiri, resmi dikukuhkan oleh UNESCO sebagai world heritage Indonesia pada 2 Oktober 2009 silam. Sejak saat itulah, batik menjadi makin digemari oleh masyarakat Indonesia. Pokoknya, kalau memakai batik ada kesan bangga gitu. Nah, bagaimana dengan teman-teman semuanya? Banggakah dengan batik?