(tidak) semua perempuan egois


Mengapa saya memilih judul ini? Ya karena itu tergantung dari bagaimana kamu membacanya. Di satu sisi, itu bisa dibaca tidak semua perempuan egois, tapi bisa juga dibaca semua perempuan egois. Lalu kamu mau menyimpulkan bagaimana?

Saya pribadi sih lebih senang dengan yang kedua (lebih senang, bukan berarti saya menggeneralisasikan bahwa semua perempuan egois, tapi kembali lagi ini hanya pemikiran subjektif saya). Ohya, kalo belum berubah, saya ini juga masih seorang perempuan. Perempuan yang masih muda. 20 tahun usia saya. Lama juga ya saya hidup? Tidak terasa.

Kenapa saya lebih senang dengan yang kedua? Karena saya merasa bahwa saya ini adalah perempuan yang egois, begitu juga dengan perempuan-perempuan di sekitar saya. Ibu saya, teman-teman dekat saya, pacarnya teman-teman saya, saudara saya. Ah semua perempuan yang saya kenal itu egois. Meskipun pada dasarnya mereka semua sangat baik.

Contoh nyata keegoisan seorang perempuan itu dapat dianalogikan dengan saya.

Ehya, sebelum saya bingung antara egois dan kebutuhan untuk bertindak egois, saya akan memberikan satu definisi egois menurut kamus bahasa Indonesia yang disusun oleh Ananda Santoso dan A.R.AL Hanif dan diterbitkan oleh Penerbit ALUMNI Surabaya:

Egois “orang yang bertindak semaunya sendiri tanpa mempedulikan orang lain, orang yang mementingkan dirinya sendiri.”

Sampai dimana tadi ya? Oh, analogikan perempuan yang egois itu sebagai saya. Saya menganggap diri saya itu egois, sangat-sangat egois. Sehari yang lalu, saya baru saja meng-SMS sahabat saya (seorang laki-laki) yang luar biasa sabar menghadapi saya, singkatnya sih saya bilang ke dia kalo saya merasa kesepian tanpa dia, saya tidak bisa hidup tanpa dia, namun saya juga tidak bisa hidup tanpa orang yang saya cintai. Dan dia membalas, katanya saya kemarin yang menyuruhnya untuk tidak mempedulikan saya (dan saya juga sebenarnya bingung dengan sikap saya). Saya menginginkan dia untuk berada di sisi saya, namun saya tidak bisa memberinya apa-apa.

Saya bilang saya kesal sama dia, lalu dia balik bertanya “emang kamu pikir aku gak kesel sama kamu?” dan saya tau dengan pasti, bahwa ia pasti juga kesal dan marah sama saya. Dan kalau saya jadi diapun saya bahkan akan menghapus semua hal yang berhubungan dengan saya. Tapi dia tidak, dia masih begitu sabar menghadapi kelakukan saya, masih begitu setia menjadi sahabat saya. Saya jadi makin merasa egois.

Lalu saya memperbandingkan diri saya dengan seorang tokoh perempuan di drama Korea yang belakangan saya ikuti: Kang Hae Na namanya, dia menginginkan seorang teman laki-laki untuk berada di sisinya, namun dia juga tidak mau kehilangan seorang laki-laki yang dicintainya. Saya jadi makin egois. Apakah semua perempuan itu memang begitu?

Saya meminta maaf bila ada perempuan-perempuan yang tidak berkenan dengan pendapat saya, bahwa semua perempuan itu egois. Karena ini hanyalah sebuah pemikiran saya yang subjektif.

 

 

Agustin

“untuk jiwaku yang menggemakan lonceng kekosongan

Namun tetap berjuang untuk bangkit kembali”

 

8 thoughts on “(tidak) semua perempuan egois

  1. hm..kalau diliat dr kasus lu emang gitu cil..
    tapi gak semuanya loh..
    bisa dibilang sebagian besar lah..

    coba diilangin lah sifat egoismu nak..hehe

  2. iyah bu Guru..
    kan saya bilang, saya tidak menggeneralisasikan, tapi itu hanyalah pemikiran subjektif saya.
    kamu tersinggung?
    kamu memang tidak egois juga ya?
    heheheehe
    saya harus berubah nih…

  3. “egois”….hehehe…..
    kan skr kmu udh ngerasa klo kmu itu egois,skr saatny untuk berintrospeksi diri dari ke-egoisan itu,untuk menjadi lebih baik lg…
    ga slamanya egois itu merugikan….”mnurud aa loh”.hehehe…
    SMANGAD….

  4. Cil,aqu salut ma kmu,,setidaknya kmu mau & mampu mengakui keegoisan dlm dirimu sndri,,daripada tmn2 kta diluar sana (termasuk aqu jg) yg hny sibuk mengeluhkan ttg keegoisan orang lain trhadap mrka…

    aqu berharap jg bisa pelan2 merubah kebiasaan burukku yg kta ibuku “egois” hehehe

Leave a Reply

